Pernyataan Kondisi menggunakan Komponen Objek

Beberapa Visual Component Library (VCL) pada Borland Delphi dapat digunakan untuk menangani pernyataan berkondisi dari beberapa pilihan  yang disimpan pada komponen tersebut. Komponen-konponen tersebut antara lain ComboBox, RadioButton,RadioGroup dan CheckBox.
 1. ComboBox
ComboBox digunakan untuk memilih salah satu di antara sejumlah pilihan. Komponen menggabungkan sifat kotak edit dan ListBox. Daftar pilihan disimpan pada properti items.

2. RadioButton
RadioButton biasa digunakan untuk menangani pilihan dan hanya satu pilihan yang bisa dipilih. Komponen ini akan membangkitkan properti checked=true apabila radio button dalam keadaan terpilih.

3. RadioGroup
RadioGroup merupakan alternatif untuk membuat sejumlah tombol radio (RadioButton). Komponen ini mampu menciptakan sejumlah RadioButton dengan mudah.
Beberapa properti yang terdapat pada komponen ini adalah :
a. Caption: judul kotak RadioGroup.
b. Column:: menentukan pengaturan jumlah kolom RadioButton. RadioButton tersusun secara horisontal.
c. ItemIndex : menentukan urutan RadioButton pada kondisi awal yang terpilih. Index dimulai dari 0, atau -1 jika tidak ada RadioButton yang terpilih pada kondisi awal.
d. Items : Daftar pernyataan pilihan untuk masing-masing RadioButton.
4. CheckBox
 Sama halnya dengan RadioButton, CheckBox biasa digunakan untuk menangani pilihan dan hanya satu pilihan yang bisa dipilih. Komponen ini akan membangkitkan properti checked=true apabila radio button dalam keadaan terpilih.
5. ListBox
 ListBox merupakan komponen yang berguna untuk melakukan pilihan dari sejumlah daftar pilihan. Daftar pilihan dapat ditambahkan melalui properti items. Untuk melakukan penanganan pada daftar pilihan, gunakan event Onclick dan masukkan kode berikut :

0 comments:

Post a Comment